Visi Misi

  • 17 November 2017
Visi Misi

VISI MISI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Memperhatikan dan mengacu pada Visi, Misi, dan Tujuan RPJMD Kabupaten Lombok Timur 2013-2018, maka dirumuskan Visi Dinas Dikbud Kabupaten  Lombok Timur 2013-2018 sebagai berikut:

 
 

“Mewujudkan pengelolaan pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lombok Timur dalam meningkatkan jangkauan layanan dan kualitas pendidikan masyarakat berlandaskan iman dan taqwa”.  

 Dalam rangka mewujudkan visi tersebut diatas, maka Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur mengembangkan misi sebagai berikut:          

  1. Meningkatkan pemerataan dan perluasan kesempatan pendidikan.
  2. Meningkatkan kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan.
  3. Meningkatkan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.
  4. Meningkatkan jangkauan layanan pendidikan.
  5. Meningkatkan pengembangan kebudayaan

                Untuk mewujudkan Visi dan Misi Dinas Dikbud tersebut diatas diperlukan nilai-nilai (values) berupa kebersamaan dan komitmen dari seluruh jajaran di lingkup Dinas Dikbud Kabupaten termasuk seluruh pemangku amanah (stakeholders) yang terkait untuk membangun Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten Lombok Timur berlandaskan nilai-nilai Kerja Keras, Kerja Cerdas , Kerja Ikhlas dan sekaligus pula sebagai motto pembangunan pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Lombok Timur.

 
 

Motto:

“Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas”

 

 

 

 

              Di tingkat satuan pendidikan, sekolah merupakan salah satu lembaga yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, sekolah haruslah efektif. Sekolah efektif dimaknai sebagai sekolah yang mampu mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang telah ditetapkan. Makna tersebut mengisyaratkan bahwa sekolah efektif adalah sekolah yang mampu melakukan tugas dan fungsinya secara benar dimana hal ini berkaitan dengan apa yang seharusnya dikerjakan sekolah dan bagaimana hasilnya. Dengan demikian, sekolah efektif adalah sekolah yang mampu mengoptimalkan seluruh sumber daya pendidikan dalam mencapai hasil pendidikan.  Untuk mewujudkan sekolah efektif ini diperlukan kepemimpinan sekolah yang kuat. Kepala Sekolah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan, dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan yang tersedia bagi peningkatan mutu sekolah secara optimal. Dalam konteks ini, maka Kepala Sekolah harus memposisikan diri sebagai EMASLIM (Educator,Motivator, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, Manager).            

  • 17 November 2017