Tidak Masuk 10 hari kerja, PNS dapat diberhentikan

  • Rabu, 15 September 2021 - 08:49:55 WIB
  • Administrator
Tidak Masuk 10 hari kerja, PNS dapat diberhentikan

Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang merupakan pengganti dari PP 53 tahun 2010, telah merubah beberapa ketentuan dalam penjatuhan hukuman disiplin kepada PNS. hukuman yang tertera dalam paraturan ini bisa dikatakan lebih berat dari peraturan sebelumnya. Hal ini tentunya diharapkan bisa menjadi pemicu untuk meningkatkan disiplin PNS dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Tingkat hukuman mulai dari hukuman disiplin ringan, sedang dan berat memuat beberapa jenis hukuman seperti, pemotongan tunjangan kinerja, penurunan pangkat, pembebasan dari jabatan sampai dengan pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri.

Dalam pasal 11 ayat (2) huruf d angka 3 berbunyi "Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara kumulatif selama 28 (dua puluh delapan) hari kerja atau lebih dalam 1 (satu) tahun". Pelanggaran terhadap kewajiban masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja dihitung secara kumulatif sampai dengan akhir tahun berjalan.

Sedangkan dalam pasal 11 ayat (2) huruf d angka 4 berbunyi  " Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara terus menerus selam 10 (sepuluh) hari kerja''. PNS yang diberhentikan karena tidak masuk kerja secara terus menerus selama 10 hari kerja, pembayaran gajinya akan diberhentikan pada bulan berikutnya.

download PP 94 TAHUN 2021

 

  • Rabu, 15 September 2021 - 08:49:55 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait